PROFIL AL ASYIROTUL KARIMIYYAH



Sebuah "lembaga dasar" pendidikan non formal yang khusus membangun dan membentuk peserta didik yang kokoh dalam kajian kitab-kitab salafiyyah. Seiring perkembangan zaman – tidak bisa dipungkiri   – bahwa tradisi ulama terdahulu dalam sistematika pembelajaran ilmu agama kini sudah banyak ditinggalkan. Kondisi ini tentunya berdampak buruk bagi perkembangan khazanah ilmiyyah islamiyyah sehingga berdampak buruk pula bagi kondisi umat yang saat ini sudah pada titik memprihatinkan. Menentang ulama terdahulu terutama para imam mazhab, memberi fatwa yang menyimpang, mudahnya klaim bid'ah, sesat bahkan kafir merupakan akibat dari fenomena ini.

Al Asyirotul Karimiyyah hadir untuk berusaha mengembalikan arus dan alur belajar peserta didik secara benar sesuai jalur yang telah dicontohkan ulama-ulama terdahulu. Mulai dari penguasaan ilmu-ilmu dasar seperti nahwu, shorof, balagoh dan mantiq hingga penguasaan kitab-kitab mu'tabarah yang telah dihimpun para ulama yang bermanhaj Ahlussunnah wal jama'ah. Al ‘Asy’ariy dalam bertauhid, Asy Syafi'i dalam bermazhab dan Al Ghazaliy dalam berakhlak (Tashowwuf).

Semoga kehadiran Al 'Asyirotul Karimiyyah dapat berkontribusi bagi khazanah ilmiyyah islamiyyah serta melestarikan tradisi keilmuan para ulama salaf. Butuh waktu yang tidak sebentar dalam membangun dasar-dasar ilmu agama layaknya membangun pondasi yang kokoh dan kuat, terlebih lagi banyak harapan dan cita-cita yang ingin diwujudkan pada lembaga ini, minimal bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan lingkungan umat Islam secara luas. Semoga !


Visi
Membentuk santri yang memahami Al Quran dan Hadis melalui penguasaan dasar-dasar ilmu bahasa arab dan kitab-kitab turots ulama salaf.

Misi
  •  Mengajarkan dasar-dasar ilmu alat seperti nahwu, shorof, balagoh dan mantiq mulai dari tingkat dasar (pemula).
  •  Mendidik santri dalam menguasai dan memahami Al Quran - Hadis melalui pendekatan kitab-kitab turots ulama salaf.
  •  Melestarikan tradisi keilmuan ulama salaf sehingga tertanam kecintaan terhadap ilmu dan ulama yang saat ini kian memudar.
  •  Menanamkan pemahaman kepada santri akan sistematika pembelajaran ilmu agama secara bertahap dengan panduan kitab-kitab mu’tamad.

Pengasuh & Pengajar :
Ust. Ahmad Miftahur Rizki, Lc

Tim Pengelola :
Ust. H. Abdullah Syauqi, MA.
Ust. Ahmad Mawardi Syukur




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN PROGRAM DASAR LEMBAGA AL ASYIROTUL KARIMIYYAH